Beras Pandan Wangi Cianjur menjadi beras terbaik di Dunia

Ayo ke cianjur ~ Beras Pandan Wangi Cianjur menjadi beras terbaik di Dunia ~ Beras pandan wangi adalah satu-satunya beras terbaik di dunia yang juga sangat diminati oleh orang-orang Jepang, Korea, Thailand, dan mancanegara. Beras pandan wangi ini juga satu-satunya beras di dunia yang beraroma khas wangi pandan. Asli beraroma pandan, dan bukan karena wangi sintetik atau pun wangi buatan.

Ayo ke cianjur

Beras Pandan Wangi Cianjur ini tidak ditemukan dan tidak bisa ditiru di daerah lain, sehingga menjadi khas atau ikon kota Cianjur. Kekhasan ini lebih dikarenakan spesifikasi letak geografis dan ekologis sumber produksinya. Karenanya, tidaklah berlebihan bila Beras Pandan Wangi dianggap dan ditempatkan sebagai beras varietas lokal unggulan khas Cianjur, yang hanya tumbuh baik dan menghasilkan kualitas produksi dengan sifat-sifat khas Beras Pandan Wangi Cianjur.

 Khas Beras Pandan Wangi Cianjur 


Kekhasan yang menjadi keunggulan Beras Organik Pandan Wangi Cianjur sejak tahun 1973 ini, ada pada aroma, rasa, warna dan bentuknya yang unik dan tidak dimiliki oleh varietas padi lainnya.
Beras Organik Pandan Wangi Cianjur memiliki keunggulan spesifik dengan ciri sebagai berikut :

1. Bulir berasnya bulat dan panjang, serta termasuk varietas Javonica atau biasa dikenal sebagai padi bulu.
2. Harum wanginya khas wangi pandan, namun sama sekali bukan karena diberi daun pandan.
3. Warna berasnya putih segar, tidak kusam, dan pada bagian tengah bulir beras terdapat titik kapur yang berwarna keputihan.
4. Rasa nasinya yang sangat istimewa, enak, pulen, gurih dan beraroma wangi pandan.


Varietas unggulan lokal Pandanwangi cocok ditanam di dataran sedang dengan ketinggian 700 m DPL dan yang paling terkenal dari sebagian area wilayah tanam padi di daerah Kecamatan Warungkondang, Cugenang, Cibeber, Cianjur, Cilaku dan Kecamatan Campaka.

Uniknya apabila di tanam di luar daerah tersebut rasanya akan terasa berbeda dan aromanya tidak muncul. Hingga saat ini belum ada kualitas pandanwangi yang dapat menandingi kualitas pandanwangi dari daerah di luar sentra produksi area tanam Pandan Wangi diatas.

Achmad Suryana, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian, pernah menyampaikan bahwa bibit padi varietas unggul Pandan Wangi bisa saja ditanam di luar Cianjur. Namun, soal rasa, aroma, kepulenan, dan ciri lain berbeda.

Jadi, beras Pandan Wangi khas Cianjur sesungguhnya tercipta karena paduan faktor genetik dan lingkungan. Karenanya, tidaklah mengherankan apabila karena rasanya yang sangat khas itu, maka harga Beras Organik Pandan Wangi Cianjur cukup mahal, bisa dua kali lipat dari harga beras biasa. Begitu juga, tidaklah mengherankan apabila para pemerhati budidaya beras organik menyatakan bahwa Beras Orgaik Pandan Wangi Cianjur adalah beras organik terbaik di dunia.


 Ayo Ke Cianjur. Semoga Bermanfaat ^_^.

#pandanwangicianjur
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
19 April 2020 pukul 16.15 delete

Vaporit banget beras Cianjur paling istimewa.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan ya...terimakasih EmoticonEmoticon